EFEK NARKOBA PADA KEHAMILAN

PERTANYAAN :

SAYA seorang ibu rumah tangga, usia 27 tahun. Saya ingin bertanya, apakah jika seorang wanita hamil mengkonsumsi narkoba juga berdampak pada kesehatan janinnya? Kalau ada dampaknya, terus apa dong akibatnya bagi janinnya tersebut?
Mira, Malinau

JAWABAN :

Ibu Mira yang kami hormati,
Pada dasarnya, Narkoba apapun jenisnya, penyalahgunaannya tentu sangat merusak kesehatan. Karena efek narkoba memang dirancang oleh arsiteknya, untuk langsung menyentuh sistem syaraf otak si pengguna dan langsung merusak otak, dgn tipe kerusakan yang berbeda-beda pula.

Ekstasi dan Shabu-shabu misalnya, efek buruk narkoba jenis ini akan dapat menurunkan aktifitas otak atau merangsang susunan syaraf pusat dan menimbulkan kelainan perilaku, disertai timbulnya daya hayal/halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir dan perubahan alam perasaan serta mengakibatkan denyut nadi si pengguna menjadi kencang dan meningkat, tidak teratur, tekanan darah meningkat, kelainan jantung, kekurangan cairan sampai pingsan, badan panas, dapat timbul kejang, kurang nafsu makan serta perasaan tidak bertenaga/berdaya apabila zat adiktif ini dihentikan.

Narkoba jenis Ganja menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi paru-paru seperti bronchitis, hipertensi, denyut jantung yang tidak teratur, imunitas /kekebalan tubuh menurun, kerusakan jaringan otak pada sistem limbik, dan gangguan fungsi hormonal sehingga terjadi kemandulan pada laki-laki dan gangguan menstruasi pada wanita.

Ibu Mira yang kami hormati,
Kerusakan yang ditimbulkan diatas akan menjadi konsekuensi bagi si pengguna, namun Bagaimana dengan si Janin yang masih didalam kandungan bilamana ibunya seorang pengguna ? perlu di ketahui bahwa konsumsi makanan sebagai asupan si janin berasal dari Ibunya, sehingga apapun yang dikonsumsi seorang ibu hamil, pasti akan dikonsumsi pula oleh si Janin dan konsumsi tersebut merupakan sumber bagi tumbuh-kembang fisik dan dan mental si janin nantinya.

Secara fisik dan psikis akibat yang ditimbulkan bagi si janin adalah bilamana nantinya anak lahir kemungkinan akan cacat, baik cacat jasmani atau cacat rohani (berupa keterbelakangan mental, idiot, bodoh). Belum lagi si Anak dapat menjadi pecandu serta dapat mengakibatkan sakaw bagi sianak, dengan gejala berupa badan si anak tiba-tiba gemetaran, berkeringat dan panas dingin yang datang tiba-tiba, merupakan efek bawaan yang terjadi pada anak yang ibunya pengkonsumsi narkoba.

Ibu Mira yang kami hormati,
Paling akhir perlu saya sampaikan bahwa Penyalahgunaan Narkoba apapun jenisnya akan merusak diri kita pribadi maupun lingkungan kelaurga dan masyarakat, untuk itu pesan saya jaga keluarga selalu dari bahaya narkoba.

demikian Semoga sukses selalu, terimakasih.

Tinggalkan komentar