Sayang Keluarga!

PERTANYAAN :

Saat ini kami sangat sering melihat narkoba ada dimana-mana, baik dilingkungan RT kami atau yang kami baca di koran dan peredarannya juga sangat pesat. Bagaimanakah kiat kami sebagai orangtua dapat membentengi diri dari narkoba ? Terimakasih.
Ridwan Noor – Selumit Pantai.

JAWABAN :

Penanya yang saya hormati,
Perlu saya sampaikan terlebih dahulu, bahwa memang Narkoba sudah demikian marak beredar di lingkungan kita, namun Usaha Pemerintah memerangi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba pun juga semakin gencar, perlu dipahami bahwa narkoba adalah masalah bersama, sehingga perlu partisipasi masyarakat. Salah satu cara adalah upaya menambah pengetahuan tentang cara membentengi diri dan keluarga kita dari bahaya Penyalahgunaan Narkoba, untuk itu terimakasih atas pertanyaan Bapak yang akan saya jawab dan semoga akan bermanfaat pula bagi Pembaca pada umumnya.

Bapak yang saya hormati,
Yang perlu kita perhatikan dalam upaya membentengi dan menjaga diri dan keluarga kita dari Bahaya Penyalahgunaan Narkoba adalah Lingkungan Keluarga kita, karena berdasarkan penelitian ada hubungan yang erat antara Keluarga dengan Penyalahgunaan Narkoba, untuk itu ada beberapa hal yang patut kita perhatikan didalam membentuk anak dan keluarga kita, yakni :

1. Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat di rumah.
Hal ini akan membuat anak rindu untuk pulang ke rumah, sehingga ia tidak banyak terpengaruh oleh pergaulan negatif di luar yang memungkinkan mereka terjerumus menjadi Penyalahguna Narkoba.

2. Luangkan waktu untuk kebersamaan
Misalnya bermain, makan, menonton atau libur bersama keluarga akan menambah semangat dan perasaan memiliki dalam keluarga. Anak juga membutuhkan orang tua untuk tempat berdiskusi tentang ilmu dan pengalaman hidupnya. Saat kebersamaan merupakan suatu kesempatan bagi orang tua untuk mengalihkan dan mentransfer norma dan nilai-nilai positif yang dianut orang tua kepada anaknya.

3. Orang tua menjadi contoh yang baik.
Kebiasaan dalam keluarga besar pengaruhnya terhadap anak. Orang tua yang menjadi Penyalahguna Narkoba, Perokok atau Peminum alkohol akan menjadi contoh bagi anak untuk berbuat yang sama.

4. Kembangkan komunikasi yang baik
Komunikasi dua arah, besikap terbuka dan jujur, mendengarkan dan menghormati pendapat anak merupakan hal yang amat penting, sehingga anak tidak ragu membicarakan pengalamannya, termasuk pengalamannya yang negatif. Orang tua perlu membimbing mereka agar mampu membuat keputusan yang bijaksana dan membawa kebaikan bagi diri dan masa depan mereka.

5. Mengerti dan menerima anak sebagaimana adanya.
Setiap anak itu unik dan mempunyai keterbatasan yang tidak bisa dibandingkan satu sama lain. Oleh karena itu orang tua jangan terlalu banyak menuntut sesuatu yang tidak sesuai dengan kemampuan anak, karena hal tersebut akan membuat anak frustasi dan mudah lari ke dalam penyalahgunaan Narkoba.

6. Memperkuat kehidupan beragama
Yang diutamakan bukan hanya ritual agama, tetapi juga memperkuat nilai moral yang terkandung dalam agama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

7. Orang tua memahami apa itu Narkoba dan Bahayanya agar dapat berdiskusi dengan anak.

Bapak yang saya hormati,
Semoga kita semua dapat menerapkan hal tersebut sehingga akan menjadi benteng bagi diri kita dalam menjaga diri dan keluarga dari Penyalahgunaan narkoba, semoga sukses selalu, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s